15 Tips Persiapan Interview Kerja Untuk Para Pelamar Kerja

Daftar Isi

15 Tips Persiapan Interview Kerja Untuk Para Pelamar Kerja Aksesia.Com – Semua orang tentu menginginkan pekerjaan impian, tetapi bagaimana jika Anda gagal tampil maksimal saat wawancara kerja? Persiapan yang matang sebelum wawancara kerja adalah kunci kesuksesan dalam meraih pekerjaan yang diimpikan. Terutama bagi para fresh graduate yang baru pertama kali menghadiri interview, persiapan yang matang sangatlah penting.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan apa saja persiapan wawancara kerja yang baik yang perlu Anda lakukan agar dapat tampil percaya diri dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Dapat Undangan Wawancara Kerja Pertama Kali? Inilah 15 Tips Persiapan Interview Kerja Untuk Para Pelamar Kerja

Tips Persiapan Interview Kerja Untuk Para Pelamar Kerja

1. Kenali Lebih Dalam Profil Perusahaan

Langkah pertama yang penting sebelum menghadiri interview kerja adalah mengenal profil perusahaan secara mendalam. Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh para pencari kerja, terutama jika mereka tidak memahami secara detail perusahaan yang dilamar.

Upayakan untuk menggali informasi mengenai perusahaan tersebut, termasuk visi, misi, bidang usaha, produk/jasa yang dihasilkan, dan kegiatan yang sedang dijalankan. Pengetahuan ini akan memperlihatkan keseriusan Anda dalam ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Baca juga: Cara Cek Perusahaan Yang Terdaftar Secara Resmi Dan Legal

2. Pahami Tugas dari Posisi yang Dilamar

Selain mengenal profil perusahaan, penting untuk memahami tugas dan tanggung jawab yang akan Anda hadapi dalam posisi yang Anda lamar. Terkadang, pelamar, terutama fresh graduate, mengabaikan hal ini dengan anggapan bahwa yang terpenting adalah diterima bekerja, tanpa mempertimbangkan apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan keterampilan dan kompetensi yang dimiliki.

Pada sesi wawancara, pewawancara akan mengajukan pertanyaan interview kerja tentang pemahaman Anda terhadap tugas yang akan Anda emban. Oleh karena itu, pelajari deskripsi pekerjaan untuk posisi yang Anda lamar, dan pertimbangkan relevansinya dengan pengalaman dan keterampilan Anda.

3. Kenali Diri Anda Lebih Dalam

Wawancara kerja tidak hanya menilai kemampuan dan keterampilan Anda, tetapi juga mencari tahu tentang kepribadian dan karakter Anda. Ketika diminta untuk memperkenalkan diri dan menjelaskan kelebihan dan kekurangan Anda, sampaikan dengan jujur dan akurat. Ini adalah saatnya untuk menunjukkan bahwa Anda telah mengenal diri sendiri dengan baik.

Saat menjawab pertanyaan tentang kelebihan, berikan contoh konkret yang dapat mendukung klaim Anda. Ketika menjawab tentang kekurangan, tambahkan informasi mengenai upaya yang Anda lakukan untuk mengatasi dan memperbaikinya.

4. Sesuaikan Diri dengan Perusahaan

Setelah memahami lebih dalam tentang perusahaan, pertimbangkan bagaimana Anda bisa menyelaraskan diri Anda dengan budaya dan nilai-nilai perusahaan tersebut. Misalnya, jika perusahaan tersebut memiliki budaya kerja yang cekatan, persiapkan contoh konkret tentang bagaimana Anda adalah seorang yang cekatan.

5. Siapkan CV, Portofolio, dan Dokumen Lain

Meskipun Anda sudah mengirimkan CV dan dokumen lain saat mengajukan lamaran kerja, Anda tetap perlu menyiapkan CV dalam bentuk hard copy saat wawancara. Ini dapat berguna jika Anda diwawancarai oleh beberapa orang, seperti HR dan Kepala Divisi. Setiap pewawancara dapat memegang CV Anda sendiri, memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada diri Anda daripada laptop atau dokumen lainnya.

Data pada CV adalah gambaran pertama tentang diri Anda, jadi pastikan informasi yang Anda berikan akurat dan relevan. CV Anda akan digunakan sebagai dasar untuk pertanyaan selama wawancara, jadi pastikan Anda menguasai isinya.

6. Siapkan Jawaban Pertanyaan Interview Kerja

Pelajari pertanyaan interview kerja umum yang sering muncul selama wawancara dan persiapkan jawaban Anda. Cobalah untuk memahami jawaban yang baik untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Latihan ini akan membantu Anda merasa lebih percaya diri dan mengurangi rasa grogi saat diwawancara. Persiapan ini juga memungkinkan Anda untuk menjawab pertanyaan dengan lebih tepat dan terstruktur.

7. Buat Daftar Pertanyaan untuk Rekruter

Selain menyiapkan diri untuk menjawab pertanyaan, Anda juga perlu menyiapkan pertanyaan untuk pewawancara. Ini menunjukkan bahwa Anda serius tentang perusahaan dan pekerjaan yang Anda lamar. Pertanyaan tersebut bisa mencakup topik seputar perusahaan, jabatan yang dilamar, dan pertanyaan lainnya yang masih relevan.

8. Survei Ke Lokasi Interview

Pastikan Anda mengetahui dengan baik lokasi wawancara. Jika wawancara dilakukan secara offline, lakukan pengecekan lokasi sehari sebelumnya. Jika secara online, pastikan Anda memiliki perangkat yang memadai dan koneksi internet yang stabil. Hal ini harus Anda lakukan untuk menghindari keterlambatan dari jadwal interview.

Baca juga: Daftar Alamat Lowongan Kerja Penipuan 2024

9. Datang Tepat Waktu

Kedisiplinan adalah nilai penting dalam dunia kerja, dan datang tepat waktu adalah salah satu cara untuk menunjukkan kedisiplinan Anda.

Namun meskipun begitu, tiba lebih awal sebelum wawancara dimulai akan memberi Anda waktu untuk menyiapkan diri dengan baik dan menghindari situasi terburu-buru saat diwawancara.

10. Jaga Tubuh Agar Tetap Sehat

Persiapan interview kerja online ataupun offline yang tidak kalah penting ialah menjaga tubuh agar tetap fit. Perhatikan pola hidup dan pola makan. Lakukan olahraga rutin setiap hari agar tubuh tampak lebih bugar dan ceria. Tidak perlu olahraga berat, yang terpenting ialah melakukannya rutin.

Tidurlah dengan cukup di malam sebelum wawancara. Ini akan membantu Anda merasa lebih segar dan siap menghadapi wawancara. Tidur yang cukup juga membantu mengurangi tingkat stres.

11. Siapkan Diri Untuk Berpenampilan Rapi Dan Sopan

Penampilan saat wawancara memainkan peran penting dalam penilaian Anda oleh pewawancara. Warna pakaian Anda juga dapat memberikan kesan tertentu kepada pewawancara. Pilih warna pakaian yang sesuai dengan karakter yang ingin Anda tonjolkan selama wawancara.

Pastikan juga untuk menghindari warna yang terlalu mencolok atau corak yang terlalu ramai, yang dapat mengalihkan perhatian pewawancara. Dan yang paling utama ialah harus mengenakan pakaian yang rapi dan sopan.

12. Bersikap Tenang Dan Tidak Gugup

Wawancara kerja bisa sangat menegangkan. Cobalah untuk merilekskan diri sebelumnya. Jangan terlalu memikirkan hal-hal yang belum terjadi. Pastikan Anda sudah siap sehingga Anda tidak akan terlambat atau lupa membawa dokumen penting.

13. Berikan Aura dan Kesan Positif

Tersenyum selama wawancara adalah cara sederhana untuk menciptakan suasana yang positif. Ini juga akan memberikan kesan yang baik pada pewawancara. Pastikan bahwa senyuman Anda tidak terlalu berlebihan atau tidak pantas.

14. Jangan Sepelakan Bahasa Tubuh

Tidak hanya kata-kata Anda yang menjadi fokus pewawancara, tetapi juga bahasa tubuh Anda. Saat Anda menjawab pertanyaan dengan percaya diri dan menunjukkan ekspresi positif, Anda akan memberikan kesan yang kuat. Pastikan untuk menjaga body language yang positif selama wawancara.

15. Latihan Interview

Persiapan wawancara kerja yang baik dapat dilakukan dengan cara melatih diri Anda sendiri. Latihan interview dengan teman atau anggota keluarga dapat membantu Anda mengurangi rasa grogi dan meningkatkan keterampilan berbicara Anda. Ini juga memungkinkan Anda untuk menjalani wawancara dengan lebih lancar.

Baca juga: Istilah Dan Singkatan Singkatan Dalam Pekerjaan Beserta Artinya

Penutup
Persiapan wawancara kerja yang baik adalah kunci utama dalam kelancaran interview. Dengan mempersiapkan diri dengan matang dan cermat sebelum wawancara kerja, Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk berhasil dalam menggapai pekerjaan impian Anda.

Semoga tips-tips persiapan interview user dan hrd di atas dapat membantu Anda menghadapi wawancara kerja dengan percaya diri dan sukses meraih pekerjaan yang Anda impikan. Salam sukses selalu untuk para pencari kerja!

Postingan Sebelumnya Postingan Selanjutnya
Postingan Terkait

Postingan Populer

Tutorial Smartphone Dan PC

Tips Melamar Kerja

DMCA Protected

DMCA.com Protection Status

Copyright © 2021 - 2024 Aksesia.com | Developed By Aksesia.Com
Iklan Lazada
Join Channel Lowongan Kerja