Istilah Dan Singkatan Singkatan Dalam Pekerjaan Beserta Artinya

Daftar Isi

Istilah Dan Singkatan Singkatan Dalam Pekerjaan Beserta Artinya Aksesia.com – Dalam dunia kerja, ada banyak sekali singkatan dan istilah dunia kerja dalam bahasa inggris yang sering digunakan sebagai bagian dari komunikasi sehari-hari.

Penggunaan istilah dan singkatan ini membantu dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas pekerjaan. Namun, bagi mereka yang baru memulai karir, istilah istilah dalam pekerjaan kantor tersebut mungkin terdengar asing dengan bahasa gaul kerja tersebut.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas beberapa singkatan dan istilah dalam dunia kerja bahasa inggris yang paling umum digunakan beserta artinya.

Baca juga: Inilah 15 Istilah Dalam Lowongan Kerja Dan Artinya

Setiap Karyawan Harus Tau, Inilah Istilah Dan Singkatan Singkatan Dalam Pekerjaan Beserta Artinya Biar Gak Kudet!

Istilah Dan Singkatan Singkatan Dalam Pekerjaan Beserta Artinya

1. WFH

WFH adalah kependekan dari istilah “Work From Home” yang berarti bekerja dari rumah. Istilah ini menjadi populer di masa pandemi COVID-19, ketika banyak perusahaan memutuskan untuk menerapkan kebijakan WFH untuk mengurangi risiko penyebaran virus.

2. WFO

WFO adalah kependekan dari istilah “Work From Office” yang berarti bekerja dari kantor. Saat pandemi, istilah ini menjadi jarang digunakan karena banyak perusahaan menerapkan kebijakan WFH.

3. Allowance

Allowance atau tunjangan adalah uang yang diberikan kepada karyawan sebagai pengganti biaya-biaya tertentu seperti biaya transportasi, makan siang, dan sebagainya.

4. Brainstorming

Brainstorming adalah proses menciptakan dan membagikan ide dalam suatu kelompok. Brainstorming biasanya dilakukan dalam sebuah rapat atau pertemuan dengan tujuan untuk menghasilkan ide-ide baru yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan tertentu.

5. Feedback

Feedback adalah umpan balik yang diberikan oleh atasan atau rekan kerja untuk memberikan informasi tentang kinerja seseorang dalam bekerja. Feedback ini dapat berupa pujian atau kritik yang bertujuan untuk membantu seseorang memperbaiki kinerjanya.

6. Turnover

Turnover dalam dunia kerja mengacu pada jumlah karyawan yang meninggalkan perusahaan dalam periode waktu tertentu. Biasanya, turnover dihitung dalam satu tahun dan diukur sebagai persentase dari total karyawan di perusahaan.

7. Funding

Funding adalah istilah yang digunakan dalam dunia kerja untuk menggambarkan sumber dana yang digunakan untuk mendanai sebuah proyek atau program. Sumber dana tersebut bisa berasal dari berbagai sumber seperti bank, investor, pemerintah, atau dana internal perusahaan. Memiliki sumber dana yang cukup adalah kunci untuk menjalankan proyek atau program dengan sukses.

8. Net salary

Net salary adalah gaji bersih yang diterima oleh seorang karyawan setelah dipotong pajak dan potongan-potongan lainnya seperti asuransi kesehatan dan dana pensiun. Ini adalah jumlah uang yang diterima oleh karyawan secara efektif setiap bulannya.

9. Notice Period

Notice period adalah masa waktu yang diberikan oleh seorang karyawan atau perusahaan sebelum memutuskan hubungan kerja. Biasanya, notice period ini berbeda-beda di setiap perusahaan tergantung peraturan perusahaan dan kontrak kerja yang telah disepakati. Notice period adalah waktu yang diperlukan untuk memberikan waktu bagi karyawan atau perusahaan untuk menyelesaikan tugas dan mempersiapkan diri menghadapi perubahan tersebut.

Baca juga: Ciri Ciri Lowongan Kerja Palsu Atau Penipuan Dan Contohnya

10. KPI (Key Performance Indicator)

KPI adalah indikator kinerja utama yang digunakan untuk mengukur kinerja seorang karyawan atau organisasi. KPI ini biasanya berupa angka atau data yang dapat diukur dan digunakan untuk mengevaluasi apakah tujuan telah tercapai atau belum.

11. SOP (Standard Operating Procedure)

kata kata dalam dunia kerja selanjutnya yaitu SOP atau Standar Prosedur Operasional, adalah serangkaian prosedur atau aturan yang harus diikuti oleh karyawan dalam menjalankan suatu tugas atau proses.
SOP ini dibuat untuk memastikan bahwa setiap orang dalam organisasi atau tim kerja memahami dan mengikuti prosedur yang sama dalam menjalankan tugas atau pekerjaan tertentu.

12. Follow up

Follow up merupakan tindakan untuk memastikan apakah sebuah tugas atau pekerjaan sudah selesai atau belum, atau untuk memastikan status suatu proyek yang sedang berjalan. Follow up dapat dilakukan melalui telepon, email, atau pertemuan tatap muka. Tujuannya adalah untuk menghindari keterlambatan dan memastikan semua pekerjaan berjalan lancar.

13. Feedback

Feedback dalam dunia kerja adalah proses memberikan tanggapan, saran, atau kritik terhadap suatu pekerjaan atau perilaku seseorang dalam bekerja. Tujuannya adalah untuk memberikan umpan balik agar pekerjaan atau perilaku tersebut bisa ditingkatkan atau diperbaiki ke depannya.
Feedback bisa dilakukan oleh atasan, rekan kerja, atau klien, dan biasanya dilakukan secara teratur dalam sebuah perusahaan untuk membantu pengembangan karyawan dan meningkatkan kinerja perusahaan.

14. Framework

Framework dalam dunia kerja adalah sebuah kerangka kerja atau konsep kerja yang digunakan sebagai panduan atau acuan dalam merancang dan mengembangkan sebuah proyek atau sistem. Framework biasanya digunakan untuk membantu mempercepat proses pembangunan proyek dan meningkatkan efisiensi.

15. Quarter

Quarter adalah periode tiga bulan dalam setahun yang biasanya digunakan untuk melacak keuangan perusahaan dan membandingkan kinerja keuangan selama periode tersebut. Perusahaan seringkali membuat laporan keuangan setiap quarter untuk melihat bagaimana performa perusahaan selama periode tersebut.

16. OT

OT atau over time adalah istilah dunia kerja dalam bahasa inggris yang digunakan untuk menggambarkan waktu kerja yang dilakukan di luar jam kerja normal alias lembur. Biasanya karyawan akan dibayar lebih untuk bekerja di luar jam kerja normal.
OT sering kali dilakukan untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang tidak selesai dalam jam kerja normal atau dalam situasi darurat.

17. HO/HQ

HO/HQ adalah singkatan dari Head Office atau Headquarters. Arti istilah HO dalam perusahaan ini merujuk pada kantor pusat atau markas suatu perusahaan atau organisasi yang terletak di wilayah tertentu.
Kantor pusat biasanya berfungsi sebagai pusat pengambilan keputusan dan pengawasan atas aktivitas operasional di cabang-cabang atau kantor-kantor lain yang dimiliki perusahaan atau organisasi tersebut.

Baca juga: Cara Cek Perusahaan Yang Terdaftar Secara Resmi Dan Legal

18. Headcount

Headcount adalah istilah yang digunakan untuk menghitung jumlah total karyawan atau anggota tim yang bekerja di suatu perusahaan atau organisasi pada waktu tertentu. Headcount dapat digunakan untuk mengukur pertumbuhan karyawan atau anggota tim dalam suatu periode tertentu, menghitung biaya tenaga kerja, dan sebagainya.

19. PO

PO adalah singkatan dari Purchase Order. Istilah ini merujuk pada dokumen resmi yang digunakan untuk memesan barang atau jasa dari pemasok atau vendor. PO biasanya berisi informasi tentang jumlah barang atau jasa yang dipesan, harga, tanggal pengiriman, dan syarat-syarat lain yang harus dipenuhi oleh pemasok atau vendor.

20. TCD

TCD adalah singkatan dari Target Completion Date. Istilah ini merujuk pada tanggal atau batas waktu yang ditetapkan untuk menyelesaikan suatu proyek atau tugas. TCD biasanya ditetapkan berdasarkan analisis waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek atau tugas tersebut.

21. EDM

EDM adalah singkatan dari Electronic Direct Mail. Istilah ini merujuk pada jenis komunikasi pemasaran yang menggunakan email sebagai media pengirimannya. EDM biasanya digunakan untuk mengirimkan informasi promosi, penawaran khusus, atau berita terbaru kepada pelanggan atau konsumen potensial.

22. ODP

Singkatan-singkatan dalam pekerjaan lainnya yaitu adalah ODP yang merupakan singkatan dari Officer Development Program.
Istilah ini merujuk pada program pengembangan karir yang ditawarkan oleh perusahaan untuk membantu karyawan mengembangkan keterampilan dan kemampuan mereka dalam rangka mencapai tujuan karir yang lebih tinggi di masa depan.

23. ADP

ADP adalah singkatan dari Automatic Data Processing. Istilah ini merujuk pada teknologi dan sistem yang digunakan untuk mengotomatisasi dan mengelola berbagai aspek pekerjaan administratif, seperti penggajian, manajemen sumber daya manusia, dan administrasi keuangan.

24. Graduate Associate

Graduate Associate adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada karyawan baru yang merupakan lulusan baru dari program sarjana atau magister. Graduate Associate biasanya ditawarkan dalam program pengembangan karir atau program pelatihan khusus untuk membantu karyawan baru mengembangkan keterampilan dan kemampuan mereka dalam rangka memenuhi tuntutan pekerjaan di perusahaan.

25. BPO

BPO (Business Process Outsourcing) yaitu proses outsourcing atau pengalihan sebagian atau seluruh proses bisnis kepada pihak lain untuk mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi.

26. FTE

FTE (Full Time Equivalent) yaitu unit pengukuran yang digunakan untuk menghitung jumlah jam kerja atau jumlah karyawan dalam bentuk waktu kerja penuh. Misalnya, satu karyawan dengan jam kerja penuh dihitung sebagai 1 FTE, sedangkan dua karyawan yang bekerja setengah waktu dihitung sebagai 1 FTE.

27. Resign

Istilah-istilah dalam pekerjaan kantor yang paling umum berikutnya yakni Resign yang merupakan proses pengunduran diri dari pekerjaan atau jabatan tertentu oleh seorang karyawan.

28. Remuneration

Remuneration adalah gaji atau upah yang diberikan kepada karyawan sebagai imbalan atas pekerjaan yang dilakukan.

29. Revenue

Revenue merupakan istilah dunia kerja dalam bahasa inggris yang mungkin sering kita jumpai apabila bekerja di bidang keuangan. Arti revenue adalah total pendapatan yang diterima oleh suatu perusahaan atau organisasi dari penjualan produk atau jasa dalam jangka waktu tertentu.

30. Profit

Profit merupakan selisih antara pendapatan dan biaya yang diperoleh oleh suatu perusahaan atau organisasi dalam jangka waktu tertentu. Profit dapat dihitung sebagai laba bersih atau keuntungan kotor.

31. To be Discussed

To be discussed dalam dunia kerja berarti topik atau masalah yang perlu dibahas atau didiskusikan di dalam pertemuan atau rapat. Istilah ini sering digunakan pada undangan rapat atau pertemuan, atau pada catatan perencanaan yang memerlukan diskusi lebih lanjut.

32. To be Confirmed / To be Finalized

“To be confirmed” atau “To be finalized” dalam dunia kerja berarti bahwa suatu informasi atau keputusan masih harus dipastikan atau disetujui oleh pihak terkait sebelum dianggap akurat atau final.
Istilah ini sering digunakan dalam situasi di mana detail penting masih perlu dikonfirmasi sebelum dapat diambil tindakan lebih lanjut.

33. FYI

Singkatan singkatan dalam pekerjaan yang paling umum yaitu FYI (For Your Information) yang berarti “Untuk Informasi Anda”. FYI biasanya digunakan dalam email atau catatan bisnis untuk memberikan informasi atau pembaruan kepada penerima pesan, tanpa memerlukan tindakan atau respon dari penerima pesan.

34. FYA

FYA adalah singkatan dari “For Your Action” yang artinya “Untuk Tindakan Anda”. FYA biasanya digunakan dalam email atau catatan bisnis untuk menunjukkan bahwa pesan tersebut memerlukan tindakan atau respon dari penerima pesan.

35. FYNA

For Your Next Action atau “FYNA” dalam dunia kerja berarti pesan atau tugas yang harus dilakukan selanjutnya oleh penerima pesan atau orang yang bertanggung jawab atas tugas tersebut.

36. MoM

MoM adalah singkatan dari “Minutes of Meeting” yang berarti “Rangkuman Hasil Rapat”. MoM adalah dokumen tertulis yang berisi ringkasan atau catatan hasil dari rapat atau pertemuan yang diadakan oleh suatu kelompok atau tim di dalam perusahaan atau organisasi.
MoM berisi informasi penting tentang keputusan, tindakan, dan tanggung jawab yang telah disepakati oleh para peserta rapat.

37. Cut off

Cut off dalam dunia kerja dapat memiliki beberapa arti tergantung pada konteksnya, namun umumnya cut off mengacu pada waktu atau batas akhir yang harus dipatuhi untuk menyelesaikan tugas atau memproses data.

38. Brief Deck

Brief deck dalam dunia kerja adalah sebuah dokumen presentasi yang dibuat untuk memberikan informasi singkat dan jelas tentang suatu proyek atau tugas.
Brief deck biasanya berisi poin-poin penting dan informasi yang dibutuhkan untuk memulai atau melanjutkan suatu proyek atau tugas, seperti tujuan proyek, target audiens, pesan utama yang ingin disampaikan, target waktu, dan anggaran yang tersedia.

39. Successor

Dalam dunia kerja, “successor” mengacu pada seseorang yang mengambil alih posisi atau tanggung jawab yang sebelumnya dipegang oleh orang lain dalam perusahaan atau organisasi.
Sebagai contoh, ketika seorang karyawan memutuskan untuk pensiun atau keluar dari perusahaan, maka perusahaan tersebut perlu menunjuk seorang pengganti atau “successor” untuk mengambil alih tanggung jawab dan tugas yang sebelumnya dilakukan oleh karyawan tersebut.

40. Predecessor

Dalam dunia kerja, “predecessor” mengacu pada orang atau posisi sebelumnya yang dipegang oleh seseorang dalam perusahaan atau organisasi. Predecessor juga dapat merujuk pada produk atau proyek sebelumnya yang telah digantikan atau ditinggalkan.

Demikian beberapa contoh istilah istilah dalam pekerjaan kantor yang dapat saya tunjukkan kepada kalian semua. Setelah membaca istilah dunia kerja dalam bahasa inggris tersebut maka tentunya kita dapat memahami dan menerapkan bahasa gaul kerja ini untuk efisiensi kerja dalam berkomunikasi ataupun agar tidak terlihat kurang update.

Postingan Sebelumnya Postingan Selanjutnya
Postingan Terkait

Postingan Populer

Tutorial Smartphone Dan PC

Tips Melamar Kerja

DMCA Protected

DMCA.com Protection Status

Copyright © 2021 - 2024 Aksesia.com | Developed By Aksesia.Com
Iklan Lazada
Join Channel Lowongan Kerja