Berapa Lama Lamaran Kerja Diproses Perusahaan? Simak Disini

Daftar Isi

Berapa Lama Lamaran Kerja Diproses Perusahaan? Simak Disini Aksesia.Com – Pencarian pekerjaan adalah perjalanan yang penuh tantangan. Salah satu momen yang paling menegangkan adalah menunggu panggilan kerja setelah mengirimkan lamaran.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan berapa lama seharusnya Anda menunggu panggilan kerja setelah melamar, sehingga Anda tidak perlu merasa cemas lagi karena Anda dapat mengelola waktu tunggu tersebut untuk melakukan kegiatan yang lebih positif.

Baca juga: Apa Saja Persiapan Sebelum Melamar Pekerjaan?

Berapa Lama Menunggu Panggilan Kerja Setelah Melamar Via Email Dan Pos? Jangan Cemas, Inilah Alasan Harus Sabar Menunggu Panggilan Kerja

Penting untuk diingat bahwa tidak ada patokan waktu yang pasti dalam proses rekrutmen. Berapa lama Anda harus menunggu panggilan kerja setelah melamar akan bervariasi tergantung pada perusahaan dan situasi tertentu. Namun, secara umum, ada beberapa pedoman yang dapat membantu Anda memahami berapa lama Anda mungkin harus menunggu.

Berapa Lama Lamaran Kerja Diproses Perusahaan?

Alasan Harus Sabar Menunggu Panggilan Kerja

Ternyata, ada beberapa alasan kuat mengapa perusahaan seringkali memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengumumkan hasil interview. Berikut adalah beberapa alasan tersebut:

1. Perusahaan Tidak Berkewajiban Memberi Kabar

Perlu diingat adalah bahwa perusahaan tidak memiliki kewajiban untuk memberikan kabar lanjutan terkait proses rekrutmen. Beberapa perusahaan mungkin memiliki sistem otomatis untuk memberitahu pelamar mengenai hasil rekrutmen di awal, yang merupakan hal yang sopan. Namun, tidak semua perusahaan memiliki sistem tersebut, sehingga pengumuman hasil rekrutmen bisa tertunda.

2. Perusahaan Butuh Waktu Untuk Meninjau Kandidat

Untuk berapa lama lamaran kerja diproses perusahaan, tim HRD atau perusahaan membutuhkan waktu untuk meninjau setiap lamaran yang masuk dan memutuskan hasilnya hingga mereka menemukan kandidat yang tepat.

Dalam proses rekrutmen karyawan baru, rata-rata perusahaan membutuhkan waktu sekitar dua minggu hingga satu bulan, atau bahkan ada yang sampai tiga bulan lamanya. Namun, rentang waktu tersebut tidak bersifat mutlak dan bisa bervariasi tergantung pada kebijakan dan birokrasi perusahaan.

Baca juga: Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja Tulis Tangan Atau Diketik

3. Kualifikasi Yang Tidak Sesuai

Jika skill atau resume kita tidak sesuai dengan kualifikasi yang dicari oleh perusahaan, kemungkinan besar kita tidak akan dipertimbangkan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya dalam proses rekrutmen.

Oleh karena itu, penting untuk mencantumkan skill set yang sesuai dengan posisi yang dilamar dalam resume kita, sehingga CV kita bisa lolos di tahap awal dan menunjukkan bahwa kita adalah kandidat yang potensial. Jika perlu, lengkapi dokumen-dokumen yang diminta pada lowongan kerja dan kirimkan segera.

4. Kamu Melebihi Kriteria Atau Overqualified

Perusahaan seringkali berpikir bahwa calon karyawan yang overqualified akan merasa cepat bosan dengan pekerjaan barunya, terutama jika mereka memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak dari atasannya.

Selain itu, perusahaan juga khawatir bahwa karyawan baru tersebut akan segera mencari peluang atau tawaran kerja yang lebih baik di tempat lain. Oleh karena itu, mereka mungkin lebih berhati-hati dalam mempertimbangkan panggilan kerja kepada kamu yang punya banyak pengalaman.

Sehingga jangan heran apabila perusahaan menganggap kapasitas kamu melebihi ekspektasi, mereka juga akan berpikir bahwa ekspektasi gaji kamu pun tinggi. Terlebih untuk perusahaan yang baru berdiri atau sedang melakukan efisiensi, merekrut karyawan dengan gaji tinggi dianggap sebagai keputusan yang kurang bijak.

5. Perubahan Dalam Proses Rekrutmen

Perusahaan bisa saja mengubah proses rekrutmen mereka sewaktu-waktu. Hal ini bisa mencakup perubahan dalam anggaran perusahaan, yang bisa mengakibatkan penghentian rekrutmen untuk sementara waktu.

Baca juga: Inilah 15 Istilah Dalam Lowongan Kerja Dan Artinya

6. Bersaing Dengan Karyawan Internal

Ketika lamaranmu sedang diperiksa dan didiskusikan, ada kemungkinan orang dalam perusahaan yang ingin merekomendasikan pegawai tertentu. Kondisi ini tentu membuat opsi baru bagi recruiter, yaitu apakah akan memilih kamu atau mempromosikan karyawan internal. Proses ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk pertimbangan.

7. Manajemen Lambat Dalam Merespon

Hal ini sedikit menyebalkan tapi sangat bisa terjadi. Bisa saja HRD sudah bergerak cepat dalam memproses dokumen lamaran kamu sebagai salah satu kandidat yang potensial. Namun, user atau manajer yang secara struktur perusahaan berada di atasnya lambat dalam merespon.

Keterlambatan itu bisa dikarenakan kesibukan atau ada urusan genting yang harus dikerjakan terlebih dulu. Hal inilah yang membuat proses penilaian terhadap kandidat jadi terhambat.

8. Perusahaan Memberi Kesempatan Pada Calon Lainnya

Dalam beberapa kasus, recruiter bisa memperpanjang waktu pengumuman hasil interview karena mereka masih memberi kesempatan kepada calon karyawan lainnya.

Terkadang hal ini dilakukan sebagai persiapan jika pelamar pertama tidak menerima tawaran kerja dari perusahaan tersebut. Dengan demikian, mereka membutuhkan cadangan untuk mengisi posisi tersebut.

Pertanyaan Seputar Berapa Lama Lamaran Kerja Diproses Pihak Perusahaan

Berikut ini merupakan kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para jobseeker, dan kami akan menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan apa yang kami ketahui. Perlu digarisbawahi juga, beberapa jawaban mungkin akan berbeda-beda karena setiap perusahaan memiliki kebijakan yang tidak sama.

P: Berapa lama menunggu panggilan kerja setelah melamar lewat email ataupun via pos?
J: Tidak ada kepastian dan semua tergantung rekrutmen, jika perusahaan membutuhkan karyawan secepatnya (urgently needed), maka perusahaan akan menghubungi kandidat yang cocok sesegera mungkin. Ini hanya membutuhkan waktu 1-7 hari untuk mendapatkan panggilan interview.
Selain itu, lama proses seleksi administrasi juga tergantung dari banyaknya jumlah para kandidat pelamar kerja di perusahaan tersebut.

P: Berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview user, dan bagaimana jika 2 minggu tidak ada kabar hasil interview?
J: Tentunya saat akhir interview Anda sudah diberitahu waktu hasil interview akan diumumkan kapan, namun umumnya hasil interview diumumkan paling cepat 1 pekan dan paling lambat 2 pekan setelah interview.
Namun jika lebih dari 2 hari Anda tidak mendapatkan kabar dari waktu pengumuman (deadline), maka Anda bisa bertanya langsung ke pihak rekrutmen untuk mengetahui hasil pastinya. Dan jika pihak rekrutmen tidak memberikan jawaban pasti, maka Anda bisa melamar kerja ke tempat lain.

P: Apakah setelah interview langsung diterima?
J: Belum, setelah interview masih ada tahap lainnya seperti melakukan psikotes dan wawancara dengan manajer HRD perusahaan, setelah menyelesaikan tahap akhir itulah barulah Anda memasuki masa training kerja.
Apabila kinerja Anda selama masa training hasilnya bagus, maka kontrak Anda akan diperpanjang, jika hasilnya buruk maka bisa saja Anda kontrak Anda tidak diperpanjang.

P: Berapa lama menunggu hasil psikotes?
J: Tiap perusahaan berbeda, namun umumnya hasil psikotes akan diumumkan paling lambat 1 pekan setelah psikotes.

P: Berapa lama menunggu panggilan kerja setelah MCU (Medical Check-Up)?
J: Umumnya seminggu hingga 2 minggu. Jika lebih dari itu bisa saja Anda tidak lolos MCU. Untuk lebih jelasnya Anda bisa bertanya langsung ke pihak rekrutmen setelah 2 hari Anda tidak mendapatkan kabar dari waktu pengumuman (deadline).

Kesimpulan
Tidak mendengar kabar lanjutan mengenai lamaran kerja bisa menjadi pengalaman yang menegangkan. Namun, dengan memahami alasan mengapa perusahaan mungkin tidak memberi kabar segera, kita dapat mengelola harapan kita dengan lebih baik.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua perusahaan memiliki kebijakan yang sama dalam mengumumkan hasil rekrutmen. Selama kita tetap profesional dan sabar, kita akan tetap menjadi kandidat yang menarik bagi perusahaan.

Semoga artikel ini membantu menjawab pertanyaan mengenai berlangsungnya berapa lama lamaran kerja diproses perusahaan, sehingga kita bisa menghadapinya dengan lebih baik. Tetap semangat dalam pencarian pekerjaan!

Postingan Sebelumnya Postingan Selanjutnya
Postingan Terkait

Postingan Populer

Tutorial Smartphone Dan PC

Tips Melamar Kerja

DMCA Protected

DMCA.com Protection Status

Copyright © 2021 - 2024 Aksesia.com | Developed By Aksesia.Com
Iklan Lazada
Join Channel Lowongan Kerja