20 Cara Agar Baterai HP Awet Dan Tahan Lama Tanpa Aplikasi

Daftar Isi

20 Cara Agar Baterai HP Awet Dan Tahan Lama Tanpa Aplikasi Aksesia.com – Baterai ponsel merupakan salah satu bagian penting yang membuat ponsel dapat berfungsi dengan baik.
Namun, terkadang baterai ponsel dapat cepat habis atau boros daya, terutama jika kamu sering menggunakan ponsel atau mengaktifkan fitur-fitur yang membutuhkan banyak daya.

Bagaimana Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Tahan Lama? Inilah 20 Cara Agar Baterai HP Awet Dan Tahan Lama Tanpa Aplikasi

20 Cara Agar Baterai HP Awet Dan Tahan Lama Tanpa Aplikasi

Untuk menjaga agar baterai ponselmu tetap awet dan anti boros, Berikut ini ada banyak cara menghemat baterai pada ponsel Android yang bisa kita lakukan:

1. Atur Kecerahan Layar

Menurunkan kecerahan layar merupakan sebuah cara supaya baterai HP tidak cepat habis. Kita dapat mengaktifkan fitur “Kecerahan Layar Otomatis” untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis sesuai dengan kondisi cahaya di sekitarmu.

Baca juga: Apa Itu LCD HP? Apa Efek Samping Resiko Ganti LCD HP?

2. Aktifkan Pengaturan Tutup Aplikasi Otomatis

Beberapa ponsel Android memiliki fitur “Tutup Aplikasi Otomatis” yang akan menutup aplikasi yang tidak digunakan secara teratur, seperti pada HP Realme dan Infinix. Silakan aktifkan fitur ini untuk mengoptimalkan kinerja ponsel kamu guna menghemat baterai.

3. Nonaktifkan Fitur Yang Tidak Digunakan

Fitur seperti NFC, Wifi, dan Bluetooth dapat mengonsumsi banyak daya jika tidak digunakan. Nonaktifkan fitur-fitur tersebut jika kamu tidak membutuhkannya agar dapat menghemat baterai.

4. Matikan Notifikasi Yang Tidak Penting

Notifikasi dari aplikasi yang tidak kamu gunakan secara teratur dapat menguras baterai HP kamu. Matikan notifikasi tersebut agar baterai tidak cepat habis.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Notifikasi WA Di Atas Layar Utama

5. Gunakan Mode Hemat Baterai

Bagaimana cara supaya baterai HP tidak cepat habis? Kita bisa mengaktifkan mode Hemat Baterai untuk mendapatkan baterai memperpanjang masa penggunaan baterai.

Saat ini sudah banyak ponsel Android menyediakan mode hemat baterai yang dapat mengatur pengaturan sistem secara otomatis untuk menghemat baterai.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Sering Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Banyak

6. Matikan Fitur Lokasi (GPS)

Fitur lokasi atau GPS dapat mengonsumsi banyak daya jika kamu menggunakannya secara terus-menerus. Matikan fitur ini jika tidak diperlukan untuk menghemat baterai.

7. Hapus Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Menghapus aplikasi yang tidak diperlukan dapat membantu meningkatkan kinerja ponsel kita dan juga menghemat baterai. Sebab dengan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan, maka hal itu dapat mengurangi beban kerja pada HP.

Salah satu aplikasi yang membuat baterai cepat habis ialah aplikasi game online, media sosial, serta notifikasi browser yang terus bermunculan.

8. Gunakan Pengaturan Warna Layar Yang Lebih Gelap

Menggunakan warna yang lebih gelap pada layar dapat dapat dijadikan sebagai cara agar baterai tidak cepat habis dan panas, karena layar akan menggunakan lebih sedikit daya untuk menampilkan warna gelap daripada warna terang.

Sebagian besar HP Android saat ini sudah dilengkapi dengan fitur Dark Mode yang membuat tampilan layar lebih nyaman di mata ketika dipakai pada malam hari.

9. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Ada banyak aplikasi penghemat baterai yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu mengoptimalkan pengaturan ponsel untuk menghemat baterai. Coba gunakan salah satu dari aplikasi tersebut untuk menghemat baterai dengan lebih efektif.

Kita hanya perlu menggunakan satu aplikasi penghemat baterai saja. Sebab jika terlalu banyak aplikasi, maka hal itu justru membuat baterai HP Android menjadi boros.

10. Matikan Fitur Putar Layar Otomatis

Fitur ini mengubah tampilan layar secara otomatis ketika kita melakukan sesuatu di ponsel. Matikan fitur ini jika tidak diperlukan untuk menghemat baterai. Sebab fitur ini juga menggunakan sensor yang memerlukan daya baterai.

11. Matikan Fitur Otomatis Update

Cara agar baterai tidak cepat habis saat main game juga dapat dilakukan dengan menonaktifkan fitur update otomatis.

Beberapa aplikasi memiliki fitur “Otomatis Update” yang secara terus-menerus memperbarui aplikasi tersebut di latar belakang. Matikan fitur ini jika tidak diperlukan untuk menghemat baterai.

12. Hapus Cache

Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat proses yang dilakukan oleh aplikasi tersebut. Hapus cache secara teratur untuk mengoptimalkan kinerja ponsel kamu serta menghemat baterai.

13. Gunakan Aplikasi Yang Teroptimalkan

Bagaimana cara agar baterai tidak cepat habis di Android? Solusinya ialah dengan memakai aplikasi yang sudah dioptimalkan. Sebab aplikasi yang teroptimalkan akan berjalan dengan lebih baik dan mengonsumsi lebih sedikit daya daripada aplikasi yang tidak teroptimalkan.

Selalu gunakan aplikasi yang dioptimalkan untuk menghemat baterai. Kalian dapat mengatur aplikasi yang teroptimalkan melalui setelan Baterai di HP Android kalian.

14. Gunakan Pengaturan Animasi Yang Lebih Rendah

Sebab, animasi yang berlebihan dapat menguras baterai lebih cepat karena menambah proses kerja HP. Maka dari itu gunakanlah pengaturan animasi yang lebih rendah sebagai solusi untuk cara agar baterai tidak cepat habis pada Android.

Kalian bisa menonaktifkan efek animasi pada HP melalui “Opsi Pengembang” ataupun dengan mengaktifkan “Mode Hemat Daya“.

15. Matikan Fitur Sinkronisasi Otomatis

Fitur “Sinkronisasi Otomatis” dapat menyinkronkan data secara terus-menerus di latar belakang, hal ini juga dapat menguras baterai sedikit demi sedikit.

Baca juga: Cara Menyinkronkan Kontak Telepon Ke WA (WhatsApp)

16. Gunakan Charger Asli (Original)

Salah satu cara agar baterai HP tahan lama yaitu dengan selalu memastikan untuk menggunakan charger yang sesuai dengan standard ponselmu agar baterai tidak cepat rusak.

Jika kamu menggunakan charger yang tidak sesuai standard, maka baterai HP kamu dapat cepat rusak atau boros daya karena perbedaan arus listrik antara charger dengan baterai HP.

17. Penggunaan Jaringan Seluler Yang Intensif

Bagaimana cara agar baterai tidak cepat habis?. Penggunaan jaringan seluler yang intensif, terutama pada jaringan yang lemah, dapat menyebabkan baterai cepat habis. Kalian bisa mengaktifkan Mode Pesawat untuk menonaktifkan jaringan telepon.

Baca juga: Apa Arti Dari Nomor Yang Anda Tuju Sedang Tidak Aktif?

18. Jangan Biarkan Ponsel Terlalu Panas

Jika ponsel terlalu panas (overheat) karena pemakaian berlebihan, maka baterainya juga akan cepat habis. Di samping itu, hal ini juga bisa berdampak merusak komponen HP lainnya.

Oleh sebab itu, matikan semua aplikasi berjalan lalu diamkan sekitar 30 menit untuk mendinginkan HP tersebut supaya terhindar overheat.

19. Gunakan Cooler HP

Cara agar baterai HP awet saat main game online yang membutuhkan banyak daya baterai dapat diatasi dengan memakai cooler atau pendingin supaya HP tidak mengalami overheat.

Selain itu, kalian juga bisa menonaktifkan aplikasi lain yang berjalan di latar belakang untuk menghemat baterai dan memperlancar jaringan pada game guna menghindari lag.

Baca juga: Tips Agar Cara Melicinkan Layar HP Untuk Game Yang Sensitif

20. Jangan Memakai HP Sambil Dicharger

Salah satu cara agar baterai HP tidak bocor ialah jangan memakai HP sambil dicas. Sebab tindakan seperti itu dapat mengurangi usia baterai HP, serta dapat membuat baterai HP mengalami kebocoran.

Itulah beberapa cara agar baterai HP awet tanpa aplikasi sebagai solusi untuk kalian yang sedang mencari cara menghemat baterai HP Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo dan HP Android lainnya.

shopee elektronik
Previous Post Next Post
Artikel terkait
× Tenang, iklan ini hanya muncul 1x saja
Klik tombol X untuk menutup iklan
Iklan Shopee