Cara Mengatasi HP Sering Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Banyak

Daftar Isi

Aksesia.com Cara Mengatasi Kenapa HP Sering Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Banyak. Inilah Penyebab HP Sering Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya – Selain layar, baterai adalah komponen HP yang biasanya tidak memiliki umur panjang. Selain kualitas manufaktur, pemakaian HP juga berkontribusi pada umur baterai.

Fenomena penyebab kenapa HP mati sendiri padahal baterai penuh biasanya diakibatkan oleh baterai yang tidak lagi berada di kondisi terbaik.

Selain masalah perangkat kerasnya, fenomena tersebut bisa terjadi karena adanya masalah pada sistem dan terlalu banyaknya beban yang harus diangkat oleh RAM dan baterai.

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan kesabaran dan waktu luang bisa menjadi kunci sukses supaya masalah ini teratasi dengan baik.

Baca juga:

Kenapa HP Sering Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Banyak? Inilah Penyebab HP Sering Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya

Berikut terdapat 6 penyebab HP mati sendiri padahal baterai penuh beserta solusi jitu untuk mengatasi HP sering mati padahal baterai masih banyak.

Cara Mengatasi Kenapa HP Sering Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Banyak
Penyebab hp sering mati sendiri dan cara mengatasinya

1. Atasi Panas Berlebih

Panas berlebih atau overheat bisa menjadi penyebab kenapa HP sering mati sendiri padahal baterai masih banyak.

Overheat dapat disebabkan oleh banyak hal. Salah satu penyebab yang berkontribusi terhadap overheat adalah banyak aplikasi yang berjalan bersamaan. Akibatnya, energi baterai terkuras.

Terlebih lagi jika ponsel digunakan dalam waktu yang lama tanpa jeda. Hal tersebut akan mempercepat overheat dan mematikan HP.

Penyebab lain yang biasanya fatal adalah terjadi masalah atau bahkan kerusakan pada komponen di dalam HP. Biasanya baterai dan chipset bermasalah sehingga mudah panas. Panas tersebut kemudian menyebar dan berdampak pada komponen lain.

Akibatnya, HP mengalami peningkatan suhu dengan cepat dan memicu matinya HP meskipun daya baterai masih banyak. Sehingga solusinya harus melakukan servis atau mengganti komponen yang bermasalah.

2. Bersihkan File Sampah

Rata-rata pengguna HP kurang memperhatikan beragam file sampah yang tidak diperlukan lagi. File-file sampah ini akan membebani kinerja HP dan pada banyak kesempatan bisa membuat terjadinya error. Salah satunya ialah mengapa hp sering mati sendiri.

Oleh sebab itu pembersihan file sampah harus dilakukan secara berkala agar sistem HP selalu bekerja dengan optimal.

Berikut adalah cara menghapus dan membersihkan file-file sampah yang ada di HP.

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Cari aplikasi yang ingin dibersihkan sampahnya.
  3. Pilih opsi Clear Cache.
  4. Browser, WA, TikTok, YouTube, dan aplikasi medsos lain biasanya banyak sampahnya.
  5. Membersihkan file sampah juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi pembersih.

3. Gunakan Aplikasi Pembersih

Cara mengatasi HP sering mati sendiri padahal baterai masih banyak selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih. Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah pengguna menemukan dan menghapus sampah yang wajib untuk dihilangkan. Aplikasi ini mudah ditemukan di Google Play Store.

Selain fitur pembersihannya, kamu juga bisa memilih aplikasi yang mengoptimalkan RAM. Aplikasi ini memiliki fitur yang bisa membuat kinerja RAM optimal.

Cara menggunakannya adalah dengan menemukan dan menghentikan aplikasi mana saja yang ternyata terbuka di background tanpa diketahui oleh pengguna HP.

4. Lakukan Update, Rollback, atau Reset

Penyebab HP mati sendiri padahal baterai penuh bisa diatasi dengan melakukan update, rollback, atau reset pada sistem HP.
Update dilakukan untuk memperbaharui sistem. Selesaikan proses update jika sedang terjadi dan jangan mengganggunya di tengah jalan.
Rollback atau mengembalikan sistem ke versi lama bisa dilakukan jika versi saat ini bermasalah.
Reset ke pengaturan awal (pabrik) akan menyelesaikan berbagai masalah, dari mulai sistem yang error sampai terlalu banyaknya aplikasi dan file sampah yang sudah tidak diperlukan.

5. Gunakan Aplikasi AntiVirus

Virus yang bersarang di HP-mu bisa menjadi penyebab kenapa HP tiba tiba mati sendiri padahal baterai masih ada ataupun penuh.

Untuk mengatasi virus pada HP, tentu saja yang harus kamu lakukan adalah menggunakan aplikasi antivirus, melakukan pemindaian, menemukan virus, dan menghapusnya agar sistem bisa kembali bekerja normal.

6. Sinkronisasi Sistem Dengan Baterai

Untuk penyebab HP sering mati sendiri dan cara mengatasinya yang terakhir ialah dengan membuat sistem sinkron dengan baterai.

Karena terdapat suatu hal ketidaksesuaian antara daya baterai sebenarnya dengan daya baterai yang ditampilkan. Akibatnya pengguna tertipu karena merasa baterai banyak tetapi sedikit.

Solusi untuk cara mengatasi HP sering mati sendiri padahal baterai masih banyak ini adalah menggunakan bantuan aplikasi kalibrasi dan pengoptimalan baterai.

  1. Unduh aplikasi Battery Calibration atau sejenisnya.
  2. Buka aplikasi dan lakukan pengisian sampai 100%.
  3. Lakukan kalibrasi melalui aplikasi tersebut dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  4. Jika sudah cabut kabel HP dan saksikan perubahan yang terjadi.
  5. Jika tidak berubah, maka perbaikan atau pergantian mungkin harus dilakukan. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Agar kejadian kenapa HP sering mati sendiri padahal baterai masih banyak tidak terjadi padamu, bersihkan file sampah berkala, selektif dalam memilih aplikasi, dan gunakan HP sewajarnya.

Demikianlah informasi lengkap mengenai Cara Mengatasi Kenapa HP Sering Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Banyak. Semoga postingan dapat menambah wawasan dan memberikan solusi terbaik untuk kita.

Previous Post Next Post
Artikel terkait