Apa Saja Persiapan Sebelum Melamar Pekerjaan?

Daftar Isi

Apa Saja Persiapan Sebelum Melamar Pekerjaan? Simak Penjelasan Berikut Ini! Aksesia.Com – Mencari pekerjaan adalah langkah penting dalam perjalanan karier seseorang. Kunci keberhasilan dalam mencari pekerjaan adalah persiapan yang matang. Sebelum mengirimkan lamaran pekerjaan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar peluang diterima kerja semakin besar. Apa saja persiapan untuk melamar kerja? Mari kita jelajahi beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Bingung Memikirkan Apa Saja Yang Perlu Persiapan Sebelum Melamar Pekerjaan? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Apa Saja Persiapan Sebelum Melamar Pekerjaan?

1. Niat Dan Semangat Yang Kuat

Langkah pertama dalam persiapan sebelum melamar pekerjaan adalah memastikan bahwa Anda memiliki niat dan semangat yang kuat. Proses mencari pekerjaan bukanlah perjalanan yang mudah, dan Anda akan menghadapi berbagai tantangan di sepanjang jalan.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki motivasi yang kuat dan semangat yang membara. Motivasi dan semangat ini akan tercermin dalam perilaku dan interaksi Anda selama proses melamar kerja, dan dapat membuat Anda terlihat lebih percaya diri di mata calon perekrut.

Anda bisa menggunakan kata-kata motivasi berikut untuk memberikan semangat pada diri Anda dalam mencari kerja:

  • Jika tidak bekerja, maka saya tidak bisa makan.
  • Hilangkan gengsi, kerja apapun yang penting halal, yang penting saya mencari makan tidak minta ke tetangga.
  • Lebih baik gaji kecil tapi bahagia, daripada gaji besar malah tambah stress.

2. Membuat Personal Branding

Personal branding adalah citra diri Anda yang harus mencerminkan sifat positif dan kualitas yang Anda miliki. Image diri yang positif, cerdas, supel, pekerja keras, dan ulet dapat membuat Anda lebih menarik bagi perusahaan. Membangun personal branding yang kuat adalah langkah awal yang penting sebelum melamar pekerjaan.

Baca juga: Inilah 15 Istilah Dalam Lowongan Kerja Dan Artinya

3. Menentukan Tujuan Dan Strategi

Tentukan tujuan karir Anda dalam jangka pendek dan jangka panjang. Pertimbangkan apakah pekerjaan yang Anda lamar sesuai dengan tujuan tersebut. Jika Anda mengejar tujuan tertentu, pastikan pekerjaan yang Anda pilih dapat membantu Anda mencapainya. Selain itu, perlu memiliki strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

4. Cari Tahu Informasi Tentang Perusahaan Yang Ingin Anda Lamar

Apa yang harus dilakukan orang saat melamar pekerjaan? Tentu saja mencari informasi perusahaan. Sebelum Anda memutuskan untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, penting untuk melakukan riset mendalam tentang perusahaan tersebut. Anda dapat mencari informasi tentang profil perusahaan, budaya kerja, sistem kerja, dan jenjang karier yang ditawarkan.

Mengetahui informasi ini akan membantu Anda memutuskan apakah perusahaan tersebut cocok untuk Anda dan mempersiapkan jawaban yang lebih baik saat wawancara kerja. Anda dapat menggunakan sumber daya online seperti situs web perusahaan, ulasan karyawan, dan media sosial perusahaan untuk memperoleh wawasan yang lebih baik.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati terhadap perusahaan fiktif yang menayangkan iklan lowongan kerja hoax atau palsu menggunakan nama perusahaan-perusahaan besar.

Baca juga: Cara Cek Perusahaan Yang Terdaftar Secara Resmi Dan Legal

5. Miliki Pengalaman Dan Keterampilan Yang Relevan

Persiapan sebelum melamar pekerjaan yang paling utama ialah dengan mempertimbangkan pengalaman dan keterampilan yang dapat Anda tawarkan kepada perusahaan. Sebab pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar adalah aset berharga sebagai nilai persaingan dengan kandidat lainnya.

Identifikasi pengalaman dan keterampilan yang paling menonjol dari diri Anda sesuai dengan pekerjaan yang Anda inginkan, hal ini bertujuan untuk memenuhi ekspektasi pihak rekrutmen. Pengalaman dan keterampilan ini tidak hanya akan memengaruhi peluang Anda untuk diterima, tetapi juga akan membantu Anda dalam proses tes dan wawancara kerja.

6. Ikuti Kelas Atau Pelatihan yang Relevan

Jika Anda merasa kurang yakin tentang keterampilan atau pengetahuan tertentu yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang Anda inginkan, pertimbangkan untuk mengikuti kelas atau pelatihan yang relevan. Terlebih lagi apabila Anda ingin melamar pekerjaan di suatu bidang yang berbeda dengan pendidikan Anda.

Pelatihan tambahan dapat meningkatkan kualifikasi Anda dan membuat Anda lebih menarik bagi calon perekrut. Pastikan untuk mencantumkan pelatihan tambahan ini dalam CV Anda.

7. Persiapkan Dokumen Yang Dibutuhkan

Setiap perusahaan akan meminta Anda untuk menyediakan sejumlah dokumen saat melamar pekerjaan. Pastikan Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan, seperti:

  • Surat lamaran kerja / cover letter
  • Daftar Riwayat Hidup / Curriculum Vitae (CV)
  • Portofolio
  • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pas foto terbaru (umumnya ukuran 3×4 atau 4×6 background merah atau biru)
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi sertifikat pelatihan / penghargaan
  • Surat keterangan pengalaman kerja
  • Surat rekomendasi dari orang dalam atau relasi (jika ada)

Pastikan dokumen-dokumen tersebut disiapkan dengan benar dan lengkap. Sebab dokumen tersebut sering diminta ketika melakukan interview sebagai administrasi karyawan perusahaan.

8. Persiapkan Diri Saat Menjelang Tes Dan Wawancara

Tes dan wawancara kerja adalah langkah penting dalam proses seleksi. Anda harus mempersiapkan diri dengan baik, baik secara mental maupun fisik.

Pastikan Anda mencaritahu materi yang digunakan untuk melakukan tes pekerjaan, serta menjaga diri Anda supaya tetap sehat dan fit. Pertimbangkan untuk melakukan latihan wawancara dengan teman atau melalukannya sendiri di depan cermin. Pastikan Anda dapat menjawab pertanyaan wawancara dengan percaya diri dan jelas.

9. Jangan Terlalu Fokus Pada Gaji (Terutama Bagi Fresh Graduate)

Jika ada yang bertanya, apa yang harus dilakukan fresh graduate ketika melamar kerja? Tentu saja bagi Anda yang baru lulus atau masih memiliki sedikit pengalaman, jangan terlalu fokus pada gaji. Ingatlah bahwa pengalaman dan keterampilan juga sangat penting. Fokus pada perkembangan karier Anda dan pertimbangkan gaji sebagai bonus tambahan.

10. Melakukan Evaluasi Kembali

Seperti yang kita tau bahwasannya orang yang melamar kerja di suatu perusahaan tidak hanya Anda sendiri, melainkan terdapat sampai ratusan hingga ribuan kandidat yang bersaing untuk mendapatkan posisi pekerjaan tersebut.

Apabila Anda telah melakukan semua tahapan di atas namun masih belum mendapatkan pekerjaan, lakukan evaluasi pada bagian yang mana yang menurut Anda perlu dibenahi supaya dapat ditingkatkan yang lebih baik.

Apakah itu disebabkan karena kurangnya skill dan pengalaman, permintaan gaji terlalu tinggi, ataupun karena kurang mengenal perusahaan yang Anda lamar. Silakan Anda renungkan sendiri. Namun apabila Anda masih ragu dan kurang memahami apa saja yang masih kurang, Anda bisa menanyakannya kepada pihak rekruter untuk mendapatkan jawaban yang lebih tepat.

Kesimpulan
Melamar pekerjaan memang bukanlah tugas yang mudah, terutama dalam lingkungan yang kompetitif seperti saat ini. Namun, dengan persiapan yang matang dan komitmen untuk terus belajar dan berkembang, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima di perusahaan impian Anda.

Selalu ingat untuk memahami perusahaan, posisi yang Anda lamar, menyusun dokumen lamaran yang lengkap, dan mengenali diri Anda sendiri dengan baik sebelum melamar pekerjaan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai hal yang harus di persiapkan sebelum melamar pekerjaan. Selamat berjuang dan semoga berhasil dalam pencarian pekerjaan Anda!

Postingan Sebelumnya Postingan Selanjutnya
Postingan Terkait

Postingan Populer

Tutorial Smartphone Dan PC

Tips Melamar Kerja

DMCA Protected

DMCA.com Protection Status

Copyright © 2021 - 2024 Aksesia.com | Developed By Aksesia.Com
Iklan Lazada
Join Channel Lowongan Kerja