Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja Tulis Tangan Atau Diketik

Daftar Isi

Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja Tulis Tangan Atau Diketik Aksesia.Com – Meskipun saat ini banyak perusahaan menerima lamaran kerja secara daring (online), rupanya ada beberapa yang masih mengharuskan pelamar mengirimkan dokumen lamaran dalam bentuk fisik. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana cara menulis amplop lamaran kerja yang benar dan memilih jenis amplop yang tepat.
Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci tentang amplop lamaran kerja serta memberikan panduan dan contoh formatnya. Simaklah dengan seksama!

Baca juga: Contoh Tata Cara Mengirim Berkas Lamaran Kerja Lewat Email Yang Benar

Belum Tau Cara Menulis Alamat Di Amplop Coklat Lamaran Kerja Yang Benar? Ikuti Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja Tulis Tangan Atau Diketik

Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja Tulis Tangan Atau Diketik

Apa Itu Amplop Lamaran Kerja?

Masih banyak orang yang tidak tau amplop lamaran kerja namanya apa? Amplop tersebut sering disebut sebagai amplop coklat atau amplop dokumen.

Amplop lamaran kerja adalah amplop yang digunakan sebagai wadah untuk dokumen atau berkas lamaran pekerjaan, seperti CV, surat lamaran, dan portofolio. Selain memberikan kesan profesional, penggunaan amplop juga melindungi dokumen lamaran Anda dari kerusakan, seperti lipatan atau kusut.

Ketika Anda mengirimkan lamaran kerja melalui pos atau secara langsung ke perusahaan, penting untuk selalu melampirkannya dengan amplop lamaran kerja. Ini akan memberikan kesan baik kepada HRD dan membuat dokumen Anda terlihat rapi. Harganya pun terjangkau, sekitar Rp1.000, dan Anda bisa mendapatkannya di toko buku atau platform e-commerce terdekat.

Baca juga: Contoh Body Email Lamaran Kerja Singkat, Simple Dan Jelas

Apakah Amplop Lamaran Kerja Harus Ditulis? Kenapa Amplop Lamaran Kerja Penting?

Sebagai seorang pelamar kerja, penting untuk memahami bahwa amplop lamaran kerja yang baik dan benar memiliki peran yang signifikan dalam kesan pertama Anda kepada perusahaan yang Anda lamar.

  1. Memberikan Keseriusan: Mengirim surat lamaran dalam amplop yang sesuai menunjukkan keseriusan Anda dalam melamar posisi tersebut.
  2. Menciptakan Kesan Profesional: Amplop yang rapi dan terstruktur menciptakan kesan profesional kepada perusahaan yang Anda lamar.
  3. Memudahkan Identifikasi: Amplop dengan informasi yang jelas membantu perusahaan untuk mengidentifikasi Anda dengan lebih mudah, sehingga memudahkan proses pemberkasan.
  4. Meningkatkan Kemungkinan Dibaca: Amplop yang menarik dan sesuai standar lebih mungkin dibuka dan dibaca oleh pihak rekrutmen.
  5. Tampak Lebih Rapi: Membuat berkas menjadi rapi karena ditempatkan dalam satu wadah. Hal ini juga dapat menghindari terjadinya kehilangan berkas.

Standar Amplop Lamaran Kerja

Jenis amplop lamaran kerja bervariasi, tetapi ada beberapa standar yang perlu Anda perhatikan. Standar yang paling umum adalah menggunakan amplop berwarna coklat dengan ukuran F4. Amplop berwarna coklat memberikan kesan formal dan profesional. Selain itu, ukuran F4 cukup besar untuk menampung semua dokumen lamaran Anda tanpa harus melipatnya.

Ketika Anda mengirim amplop lamaran kerja, pastikan amplop tersebut tidak terlipat atau kotor. Selain itu, pastikan juga bahwa amplop tersebut tertutup rapat sehingga isi amplop tidak mudah hilang atau jatuh.

Cara Menulis Di Amplop Coklat Lamaran Kerja

Bagian depan amplop lamaran kerja sangat penting karena berisi informasi krusial yang akan membantu perusahaan mengidentifikasi lamaran Anda. Di bawah ini adalah tiga bagian utama dalam penulisan amplop lamaran kerja.
Silakan Anda simak contoh format data dan tata letak penulisan amplop lamaran kerja via pos berikut ini:

1. Informasi Pelamar Kerja
Informasi Anda sebagai pengirim surat lamaran ditulis pada bagian kiri atas amplop lamaran kerja. Cantumkan nama Anda, alamat lengkap Anda, alamat email, dan nomor telepon. Pastikan Anda menuliskan nama lengkap sesuai dengan KTP atau identitas resmi Anda. Untuk cara menulis alamat di amplop coklat besar, cukup cantumkan domisili dan kode pos Anda.

Contoh penulisan amplop lamaran kerja bagian kiri atas:

Nama : Andika Pratama
Alamat : Sukolilo, Surabaya 60117
Email : andika_pratama@gmail.com
No. HP : 0812 3456 7890

2. Posisi yang Dilamar dan Jurusan Kamu
Bagian ini terletak pada kanan atas amplop coklat lamaran kerja. Tulislah posisi yang Anda lamar dan jurusan yang Anda tempuh selama sekolah atau kuliah. Ini akan membantu perusahaan mengidentifikasi lamaran Anda dengan lebih mudah, terutama jika mereka menerima banyak lamaran.

Cara menulis di amplop coklat lamaran kerja bagian kanan atas:

Jabatan : Mekanik
Pendidikan : SMK – Teknik Permesinan

3. Alamat Perusahaan yang Ingin Dituju
Cantumkan nama dan alamat perusahaan yang Anda tuju pada bagian kanan bawah amplop coklat lamaran kerja. Pastikan alamat perusahaan tersebut ditulis dengan lengkap dan akurat. Jika Anda tidak tahu nama HRD, Anda dapat menulis “Bpk/Ibu HRD”.

Cara menulis alamat di amplop coklat besar bagian kanan bawah:

Kepada Yth.
Bpk/Ibu HRD
PT. Sumber Makmur Perkasa
Jl. Pahlawan No.10, Surabaya 60121

Tulisan di amplop lamaran kerja dapat Anda tulis tangan atau dengan menggunakan mesin ketik. Yang penting, pastikan bahwa tulisan tersebut terlihat rapi dan mudah dibaca. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memastikan bahwa amplop lamaran kerja Anda memenuhi standar dan memberikan kesan yang baik kepada perusahaan yang Anda lamar.

Apa Saja Yang Harus Ada Dalam Amplop Lamaran Kerja?

Umumnya, perusahaan akan meminta beberapa dokumen dalam amplop lamaran kerja Anda. Beberapa dokumen yang biasanya diminta oleh perusahaan termasuk:

  • Fotokopi KTP
  • Surat lamaran kerja atau cover letter
  • Daftar Riwayat Hidup atau CV lamaran kerja
  • Portofolio
  • Surat Pengalaman Kerja

Namun, setiap perusahaan memiliki persyaratan yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk selalu menyesuaikan isi amplop lamaran kerja Anda dengan apa yang diminta oleh perusahaan yang Anda lamar.

Berbagai Contoh Tulisan Di Amplop Lamaran Kerja Yang Benar

Sekarang, mari kita lihat beberapa contoh amplop lamaran kerja yang benar dan sesuai dengan panduan di atas:

1. Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja Semua Profesi
Berikut ini merupakan cara menulis alamat di amplop coklat untuk pos, format ini dapat digunakan untuk melamar profesi apapun, sebab ini merupakan format tulisan amplop lamaran kerja untuk umum.

Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja Semua Profesi
Contoh penulisan amplop lamaran kerja umum

2. Contoh Amplop Surat Lamaran Kerja Pabrik/PT
Umumnya cara menulis di amplop coklat lamaran kerja sama seperti biasanya, namun terkadang ada beberapa perusahaan yang mengharuskan para pelamarnya untuk mencantumkan kode posisi yang dilamar melalui pengumuman di papan ataupun media online perusahaan. Jadi, pastikan Anda harus mengisi kode tersebut sesuai posisi yang hendak dilamar.

Contoh Amplop Surat Lamaran Kerja Pabrik/PT
Contoh amplop lamaran kerja untuk pabrik/PT

3. Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja Guru

Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja Guru
Contoh amplop lamar kerja untuk guru

4. Contoh Tulisan Di Amplop Lamaran Kerja Indomaret

Contoh tulisan di amplop lamaran kerja indomaret bagian kasir
Contoh tulisan di amplop lamaran kerja indomaret bagian kasir

Demikianlah panduan lengkap tentang cara menulis amplop lamaran kerja yang benar dan contoh formatnya. Ingatlah bahwa dunia kerja membutuhkan sikap yang profesional, dan setiap detail kecil, termasuk amplop lamaran, dapat memengaruhi kesan Anda kepada perusahaan. Semoga artikel ini membantu Anda dalam proses melamar pekerjaan Anda. Selamat mencari pekerjaan!

Postingan Sebelumnya Postingan Selanjutnya
Postingan Terkait

Postingan Populer

Tutorial Smartphone Dan PC

Tips Melamar Kerja

DMCA Protected

DMCA.com Protection Status

Copyright © 2021 - 2024 Aksesia.com | Developed By Aksesia.Com
Iklan Lazada
Join Channel Lowongan Kerja