Tata Cara Interview Kerja Yang Baik Agar Diterima

Daftar Isi

Tata Cara Interview Kerja Yang Baik Agar Diterima Aksesia.com – Bagi orang yang ingin melamar kerja pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah interview. Tetapi hal ini mungkin masih terdengar asing bagi orang yang baru lulus sekolah dan hendak mencari kerja, sehingga masih belum paham betul mengenai apa yang dimaksud wawancara atau interview kerja.

Interview kerja adalah proses interaksi antara calon karyawan dan pihak perusahaan atau tim perekrutan untuk mengevaluasi apakah calon karyawan tersebut cocok untuk mengisi posisi yang sedang dibutuhkan perusahaan.

Dalam interview kerja, calon karyawan akan diwawancarai oleh satu atau beberapa orang dari pihak perusahaan untuk menilai kemampuan, pengalaman, kepribadian, dan motivasi calon karyawan.

Tujuan dari interview kerja adalah untuk memperoleh informasi yang lebih rinci tentang calon karyawan dan untuk mengevaluasi calon karyawan mengenai posisi perusahaan yang sedang dibutuhkan. Interview kerja dapat dilakukan secara langsung, melalui telepon ataupun video conference (online).

Baca juga: Contoh Tata Cara Mengirim Berkas Lamaran Kerja Lewat Email Yang Benar

Ingin Tau Tips Interview Kerja Agar Diterima? Ikuti Tata Cara Interview Kerja Yang Baik Dan Benar Berikut Ini!

Tata Cara Interview Kerja Yang Baik Agar Diterima

Untuk para lulusan baru, kalian harus belajar tentang bagaimana cara melakukan wawancara yang baik agar diterima kerja oleh pihak perusahaan. Sebab kita harus menjaga etika atau adab wawancara kerja dengan baik, serta menjawab semua pertanyaan interview kerja dengan tepat yang diajukan oleh HRD.

Untuk itu, kalian bisa mengikuti tips interview kerja pertama kali untuk fresh graduate berikut ini sebagai referensi ataupun menambah wawasan dalam dunia kerja. Dan inilah tips-tips interview kerja online dan offline (tatap muka) yang dapat kalian lakukan:

Baca juga: Awas! Inilah Ciri Ciri Panggilan Interview Penipuan Atau Palsu

1. Persiapkan Diri Dengan Baik

Pelamar kerja harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum interview, seperti melakukan riset tentang perusahaan dan posisi yang hendak dilamar, serta menyiapkan pertanyaan yang ingin diajukan kepada pihak perusahaan.

Apabila dilakukan wawancara secara online, maka kandidat harus menyiapkan semua kebutuhan yang diperlukan untuk sesi wawancara online, seperti koneksi internet yang lancar, perangkat HP & PC yang memadai, lingkungan yang kondusif dan bebas dari gangguan.

Baca juga: Apa Saja Persiapan Sebelum Melamar Pekerjaan?

2. Kenali Diri Sendiri

Pelamar kerja harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dirinya sendiri, serta dapat menjelaskan pengalaman, prestasi, dan keterampilan yang dimiliki dengan jelas dan persuasif.

Apabila kita memiliki kekurangan pada suatu pekerjaan, maka kita juga harus dapat memberikan penjelasan mengenai solusinya.

3. Tunjukkan Sikap Yang Baik

Kandidat harus menunjukkan sikap yang baik selama interview, seperti sopan, ramah, dan percaya diri. Selain itu, pelamar kerja juga harus menghindari perilaku yang tidak pantas, seperti terlambat, menyela pembicaraan ataupun hal lainnya yang dapat mengganggu proses wawancara.

4. Dengarkan Dengan Baik

Cara interview kerja yang baik agar diterima yang selanjutnya ialah pelamar kerja harus mendengarkan dengan baik pertanyaan yang diajukan oleh pihak perusahaan dan memberikan jawaban yang relevan dan konkret.

Dengan begitu kandidat harus menghindari jawaban yang bertele-tele atau tidak jelas, terlebih lagi mengenai hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan posisi pekerjaan yang hendak dilamar.

5. Berikan Contoh Konkret

Ketika menjelaskan pengalaman atau keterampilan, pelamar kerja sebaiknya memberikan contoh konkret untuk menjelaskan apa yang telah dilakukan sebelumnya dan bagaimana itu berkaitan dengan posisi yang diinginkan.

Untuk kandidat berpengalaman, dapat menjelaskan prestasi atau pencapaian apa saja yang telah diperoleh di tempat kerja sebelumnya.
Sedangkan untuk kandidat fresh graduate dapat menjelaskan tentang kegiatan positif yang berkaitan, seperti mengikuti kursus, organisasi, ataupun belajar otodidak di suatu bidang untuk menambah keterampilan.

6. Jangan Sungkan Untuk Bertanya

Pelamar kerja sebaiknya juga menanyakan pertanyaan tentang perusahaan dan posisi yang diinginkan, hal ini bertujuan untuk menunjukkan minat dan ketertarikan pada perusahaan.

7. Mengucapkan Terima Kasih

Setelah selesai melakukan interview, kandidat pelamar kerja sebaiknya mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan. Tujuannya yaitu untuk menunjukkan rasa hormat atau menghargai atas waktu dan kesempatan yang telah diberi oleh pihak perekrut, serta menegaskan minatnya untuk posisi yang diinginkan.

Baca juga: Inilah 15 Istilah Dalam Lowongan Kerja Dan Artinya

Demikianlah beberapa tips interview kerja agar diterima di pabrik, indomaret, klinik ataupun perusahaan di bidang lainnya. Dengan menerapkan tips interview user di atas, kandidat pelamar kerja dapat melakukan interview kerja dengan baik dan meningkatkan kesempatan untuk diterima di perusahaan yang diinginkan. Semoga dapat memberikan pencerahan dan selamat berjuang mencari kerja.

Postingan Sebelumnya Postingan Selanjutnya
Postingan Terkait

Postingan Populer

Tutorial Smartphone Dan PC

Tips Melamar Kerja

DMCA Protected

DMCA.com Protection Status

Copyright © 2021 - 2024 Aksesia.com | Developed By Aksesia.Com
Iklan Lazada
Join Channel Lowongan Kerja